Bagi yang mempunyai sebuah Camcorder / Handycam yang dibekali Jack AV out, pasti sudah tidak asing lagi dengan aktifitas memutar hasil rekaman video secara langsung via kabel AV pada tv dengan mudah.
Namun Bagaimana Bila Kabel tersebut hilang atau rusak ?
pasti membuat bingung…………. Sebab kabel tersebut tidak dijual bebas, sangat jarang ada yang jual.

Dari kejadian diatas maka Team Img-Media sengaja membagikan cara membuat kabel jack AV camcorder secara sederhana dengan bahan yang mudah kita dapatkan.

Berikut ini keterangannya :

  1. Persiapkan Jack 3,5mm laki, jack tersebut mempunyai ciri 3 gelang, biasanya jack ini sering digunakan pada jack hansfree nokia.  ( Ingat….. Jenis jack ini juga jarang tersedia ditoko elektronik, apalagi dikota kecil. Kebanyakan yang tersedia di toko elektronik ialah jack 3,5mm 2 gelang. Sedangkan yang dibutuhkan oleh kamera ialah jack 3gelang ). Maka dari itu kita menggunakan jack 3gelang dari bekas jack hansfree Nokia.
  2. Copot semua Kabel yang tersambung secara bawaan dari jack tersebut, untuk diganti dengan kabel baru.
  3. Sambung kabel baru sesuai jalurnya seperti pada gambar diatas. Disarankan disolder dengan kuat, sebab kabel jack tersebut sering ketarik-tarik.
  4. Setelah kabel terpasang semua, harap diteliti terlebih dahulu jangan sampai ada hubungan pendek, sebab beresiko pada camcorder.
  5. Bungkus rapi disetiap sambungannya, sangat disarankan pembukusnya menggunakan lem stil atau Lem yang bisa mengeras setelah kering. Hal ini bertujuan agar serabut kabel pada sambungan tidak bisa berubah supaya tidak menempel pada kabel lain. Dengan lem yang bisa mengeras membuat daya tahan habel semakin bagus sebab pada bagian sambungan ini akan sering dipegang serta ditarik ketika mencabut jack dari Camcorder.

Bila semua sudah beres, tinggal dicoba ke Camcorder untuk memutar video ditv melalui kabel tersebut.
Bila gambar serta suara bisa nongol semua secara normal, Berarti telah berhasil. Namun bila tidak muncul gambar serta suaranya, segera cabut kabel tersebut untuk menghindari resiko hubungan pendek pada camcorder.

Penting : Sangat dianjurkan mempunyai pengalaman tentang Elektronika bila ingin merakit kabel ini. Untuk solusi aman bisa dibawa ke seseorang yang mahir Elektronika dan harus membawa gambar Skema Rangkaian Jack AV Camcorder Sony.

(Postingan ini dibuat seorang ahli Elektroknika , IT  IMG-MEDIA dan berdasarkan riset penelitian, serta sudah dicoba dijamin 100% AMAN)

Bila ada yang tidak jelas wajib berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan.

Semoga Bermanfaat.
Komentar Facebook

2 komentar:

  1. Mhn info gan, saya punya camcorder panasonic hc v180 dimana ada lubang a/v, dan mic eksternal saya ada jacknya seperti gambar diatas, apakah bisa dipakai lubang a/v tersebut utk merekam video sekaligus suara yang dihasilkan mic eksternal saya itu, mhn petunjuknya, terima kasih

    BalasHapus
  2. terima kasih,sangat membantu.setelah pusing dan hampir pasrah.,akhirnya handycam panasonic v180 saya bisa konek ke tv jadul saya

    BalasHapus

 
Top