Tidak Semua Laptop Bisa diberi Mic Exsternal atau Input Audio dari luar. Hanya laptop yang memiliki dua jack lubang yang bisa melakukan itu semua. Namun Bagi yang kebetulan memiliki Laptop dengan jack audio hanya 1buah. Berikut ini solusinya ;

Sebelum ketahap tutorial pembuatan, tahapan ini juga pentig.
Laptop yang memiliki jack audio yang hanya 1lubang memang sangat jarang tetapi hal ini ada baiknya juga, sebab menurut saya sendiri jenis laptop ini mempunyai keunikan pada system souncard internalnya, yaitu pada Bit Sampel Rate antara Playback Device dan Recording Devicenya tidak sama atau berbeda dari biasanya.

Dari riset yang saya dapat, Sampel Rate Recording Device hanya diberi kemampuan maksimal : 16bit, 192000 Hz sedangkan di Playback Device sudah : 24bit, 192000 Hz.
Mungkin hal inilah yang membuat produsen laptop tersebut membuat jack audio hanya 1lubang, supaya digunakan untuk kinerja ringan. Jadi bagi anda yang mungkin mau menggunakan laptop sebagai Recording Audio saya tidak menganjurkan cara ini. Sebab sudah saya coba untuk menjalankan Software recording Cubase dan Neundo terdengar pecah pada suara audionya.

Berikut ini cara membuat Jack audio laptop 1lubang menjadi 2lubang :

  1. Sediakan jack female 3,5mm 2biji. Untuk dijadikan lubang input dan output audio.
  2. Sediakan jack male 3,5mm yang berjenis 3gelang. Bisanya jenis jack ini sering dipakai di ponsel Nokia dan hampir tidak ada toko elektronik yang  menjual jack male 3,5mm berjenis 3gelang Sebab ini jack khusus audio digital analog. Sediakan 1saja sudah cukup.
  3. Rakit dan sambung kabel seperti keterangan gambar diatas. Dalam tahap penyambungan disarankan menggunakan solder dan harus matang pada solderannya. Karena pada bagian ini nanti akan sering tertarik-tarik ketika hendak mencopot jack.
  4. Bila ada yang tidak jelas  atau kurang mengerti dari sebuah gambar diatas bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini.
  5. Setelah selesai, Bungkus kuat dan rapi pada setiap sambungan.

Memakai laptop untuk keperluan mendengarkan music sudah biasa bagi kita semua, Namun Memakai laptop untuk keperluan Karaoke, Bermain Gitar atau Recording. Pasti hal ini tidak biasa bagi semua orang. Hanya orang-orang tertentu yang mempunyai kemampuan exspert dibidangnya. Salam semangat dan terus berkarya.

(Postingan ini dibuat seorang ahli Elektroknika , IT  IMG-MEDIA dan berdasarkan riset penelitian, serta sudah dicoba dijamin 100% AMAN).
Komentar Facebook

22 komentar:

  1. Balasan
    1. ya pak, saya blogger baru dari kota ngawi

      Hapus
    2. Crazy stuff I got this Minecraft Upgrade Code and it got accepted! You can get one too from http://mc.cardcodes.net

      Hapus
  2. Anonim02.21

    Maaf saya tidak mengerti rangkaiannya. Untuk mic, apakah dua connectornya dibiarkan kosong? Hanya ground dan mic yang disambung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pak betul sekali...

      Hapus
    2. bila tidak mendetek mic dari luar, biasanya harus dipasang kondensor terlebih dahulu, supaya terjadi hambatan tegangan untuk dibaca pada driver laptop tersebut.

      Hapus
  3. kalau dengan menggunakan combo splitter yang beli ditoko2 gmn mas? apakah suaranya tetap akan pecah untuk recording

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja mas,,, suaranya masih pecah. sebab soundcard input audio transfer ratenya rendah

      Hapus
    2. kalo diatasi pake soundcard eksternal gmn ya ??

      Hapus
  4. Saya sampai bingung dengan masalah ini, ternyata 1 port memang begitu ya. kalau dibelikan usb converter yang ada 2 port untuk mic + sound kira2 bisa gak? ini laptop punya saya tidak mendeteksi mic eksternal padahal disetting enable.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya nyoba gitu mas, tapi adanya suara di headset jadi kecil banget

      Hapus
  5. Maaf gan saya mau nanya ?? Saya punya home teater philips HTD 3540 kalau mau karokean gimana ya gan colokan micnya gak ada adanya colokan mic kecil seperti di hp mohon pencerahanya gan maklum orang udik,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bocil,kan colokkan micnya kecil,jadi anda harus beli Jack Converter dari besar ke kecil.Di toko elektronik banyak.Bilang aja beli Jack Converter dari besar ke kecil

      Hapus
  6. gan,gimana cara pasang kabel audio sama jacknya?

    BalasHapus
  7. Untuk berbagai kebutuhan sound system yang semakin komplek saat ini, sepertinya sound system wireless merupakan solusi tepat untuk berbagai kebutuhan.

    BalasHapus
  8. Gan Gw Mw Nanya nie Bisa Ngak ? Laptop gw laptop Lenovo G40-30. Berlobang Jack 1. Di saat sya mau rekaman buat lagu di Adobe audition 1.5 sya Memkai Colokan Gandeng yg Berlobang jack 2. Dan Sound Card yg di colok di USB.Di saat saya merekam suara, suara suara sangat terdengar bagus dan tidak pecah. klo di denggar dari Headset,Salon dan Speaker. Tetapi Masalahnya cuman 1. Kalo di dengar di Hp. Suara yng kita rekam Terdengar sangat Pecah. Tetpi klo di dngr menggunakan Headset,Speaker dan Salon Terdengar Bersih dan Tidak Pcah. Masalahnya itu aj gan. klo di hp dia pecah. di smua Hp. Mohonya Bantuanny :)

    BalasHapus
  9. maaf gan, kalau kita ingin hanya 2 jack sj (1 utk speaker aktif, 1 lg utk mic)artinya kita tdk membutuhkan 3 lubang seperti yang diatas, gimana caranya?
    terimakasih...

    BalasHapus
  10. ini yang saya cari, sangat membantu sekali
    makasih gan..
    ,,,mrenesinau.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Terus settingan di pc nya gmn gan?

    BalasHapus
  12. bisa bikin tutorial videonya ?

    BalasHapus
  13. Makasih gan :v sangat membantu

    BalasHapus

 
Top