Berbagi video via youtube mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi kita, Namun mengunggah video diyoutube tanpa mengurangi kualitas dan sesuai kebijakan Youtube, hal ini jarang diketahui seseorang.

Berikut ini pengalaman rekan kerja saya sebagai video editing, secara teknis dia mampu dan cukup masir dalam mengolah video, Namun ketika membagikan video via Youtube ternyata dia belum mampu menayangkan video yang berkualitas saat video tersebut diputar diyoutube. kebanyakan video yang diunggahnya mengalami penurunan kualitas gambar dan suara.

Setelah saya koreksi ternyata ada 2 hal yang belum benar disini, yaitu :
  1. Video yang diunggah tidak sesuai dengan Rasio Frame, Rasio Bit, Resolusi dan codec audio video Youtube. Jelas dengan data yang tidak sesuai dengan kebijakan youtube berakibat pada kualitas hasil unggahan video tersebut ketika diputar oleh player youtube sendiri.
  2. Vedeo dicompres dengan resolusi terlalu rendah, termasuk Rasio Frame, Rasio Bit dan codec audio video. Mungkin dengan maksut memperkecil file video tersebut supaya cepat saat diunggah. kalau masalah ini biasanya karena koneksi lemot. Namun pihak Youtube sendiri menyarankan bagi pengunggah video untuk menggungahnya dengan kualitas terbaik dari video tersebut, bukan dengan kualitas buruk hasil kompresan.
Diatas merupakan sebuah pengalaman kami saja, namun bagi anda yang mungkin belum memahami sepenuhnya tentang Enkode Youtube bisa klik disini.

Semoga Bermanfaat.
Komentar Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top